Dinas Sosial Lampung Timur Pasangi Stiker Pra Sejahtera Warga Penerima Bansos

Lampung Timur – Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur mulai melakukan pemasangan stiker keluarga pra sejahtera di rumah warga penerima manfaat  Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan sosial lainnya dari pemerintah.

“Sudah mulai dipasang stiker, stiker itu menyatakan bahwa rumah tersebut merupakan keluarga pra sejahtera penerima bantuan sosial,” ujar Kepala Dinas Sosial Lampung Timur Darmuji dihubungi di Lampung Timur, Senin (20/4).

Darmuji menjelaskan, pemasangan stiker tersebut mengacu UU No 13 Tahun 2011 tentang penanganan Fakir Miskin.

“Stiker ini untuk menjawab kecemburuan sosial, dan untuk membedakan warga yang sudah menerima bansos dan yang belum,” jelasnya.

Koordinator PKH Kabupaten Lampung Timur Asep menyebutkan sekitar 70 ribu Keluarga Penerima Manfaat program PKH, rumahnya akan dipasangi stiker keluarga pra sejahtera.

“Sudah mulai dipasang, rumah KPM PKH dipasangi stiker oleh petugas PKH dan yang penerima BPNT atau sembako yang memasang stikernya petugas TKSK,” ujarnya.

Untuk diketahui, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) RI, warga Lampung Timur penerima bantuan sosial / bansos sebanyak 131,632 jiwa / KK.

Rinciannya, warga yang sudah mendapatkan bantuan sosial berupa PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 90.342 jiwa.

Sisanya kurang lebih 41 ribu belum menerima bantuan sosial.

Adapun yang disetujui Kemensos yang menerima BLT Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan di tengah masa pandemi corona ini sebanyak 35.011 jiwa (Ant)