Dinkes Bandarlampung Harap Dapat Volume Vaksin COVID-19 Lebih Besar

Bandarlampung,– Dinas Kesehatan Bandarlampung berharap kota ini mendapatkan volume vaksin COVID-19 lebih banyak dari kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Lampung.

“Vaksin COVID-19 yang datang pada periode pertama ke Lampung ini kan ada 40 ribu lebih, mungkin kita akan mendapatkan lebih banyak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, kemungkinan Bandarlampung mendapatkan vaksin COVID-19 lebih banyak dari kabupaten/kota lainnya sebab kota ini memiliki zona merah penyebaran virus corona dan juga tenaga medis dan penduduknya ramai serta yang terpapar virus ini juga sudah banyak.

“Tapi untuk vaksin yang datang sekarang ini untuk tenaga kesehatan (nakes) terlebih dahulu,” kata dia.

Namun, lanjut dia, karena vaksin COVID-19 yang datang ini jumlahnya hanya 40 ribu lebih, maka bila nanti sudah dapat digunakan pihaknya akan memprioritaskan tenaga kesehatan yang berada di zona merah terlebih dahulu untuk divaksinasi.

“Tapi saat ini sejumlah tenaga kesehatan sudah ada yang menerima pesan singkat untuk menjalani vaksinasi pada kloter pertama ini melalui handphone dari aplikasi peduli lindungi milik Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo),” kata dia.

Namun, lanjut dia, untuk tenaga kesehatan yang belum mendapatkan pesan singkat tersebut maka diharapkan bersabar sebab pesan singkat tersebut berasal dari pemerintah pusat berdasarkan basis data yang terdaftar.

“Ya saya harap nakes yang belum dapat pesan singkat bersabar dan tidak perlu melapor terlebih dahulu, dan belum ada sanksi bila ada nakes yang tidak mau divaksinasi,” kata dia.

Sebelumnya vaksin COVID-19 dari PT Biofarma telah sampai di Provinsi Lampung dan disimpan di ruang pendingin (cool room) Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alat Kesehatan (Alkes) Dinas Kesehatan. (Ant)