Pemprov Lampung Siapkan Tenda Darurat Bagi Pasien COVID-19

Bandarlampung, – Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan tenda darurat bagi pasien COVID-19 untuk mengantisipasi penuhnya kapasitas hunian rumah sakit rujukan.

“Tenda darurat tersebut digunakan untuk merawat pasien COVID-19 bila terjadi keadaan darurat seperti penuhnya kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19,” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan tiap unit tenda mampu menampung 10 orang pasien COVID-19.

“Ada total 10 tenda darurat yang kami terima, bila kapasitas 1 unit 10 orang dapat diartikan kita bisa merawat 100 orang pasien COVID-19 bila keadaan benar- benar darurat,” ucapnya.

Ia mengatakan 10 unit tenda darurat tersebut merupakan bantuan dari Direktorat Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial atas permintaan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengantisipasi bila terjadi lonjakan pasien COVID-19.

“Tenda nantinya akan digunakan serta dipasang sesuai arahan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, bila benar sudah tidak ditemukan alternatif lain,” katanya.

Menurutnya, tenda darurat tersebut saat ini tersimpan di Gudang Dinas Sosial Provinsi Lampung dan siap untuk langsung digunakan bila situasi darurat.

“Semua telah disiapkan kalau terjadi keadaan darurat, namun kita berharap tidak sampai terjadi keadaan darurat tersebut salah satunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya. (Ant)